Tiga imbauan YLKI dalam penyembelihan hewan kurban

id hewan kurban, kambing, sapi, masyarakat, penyembelihan, Idul Adha, ylki

Tiga imbauan YLKI dalam penyembelihan hewan kurban

Ilustrasi- Proses penyembelihan sapi kurban. (Antarasumsel.com/Susilawati)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau tiga poin penting dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Idul Adha mendatang

Ketua Pengurua Harian YLKI dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, menyebutkan tiga imbauan itu di antaranya, sertifikasi sehat hewan kurban, jauhkan dari anak-anak saat penyembelihan hewan kurban dan mengurangi bungkus plastik.

"Selain tidak cacat secara fisik, pastikan bahwa hewan kurban telah mendapatkan Sertifikasi Sehat dari Dinas Peternakan dan atau dokter hewan setempat," katanya.

Tulus menilai sertifikasi sehat menjadi sangat penting untuk memberikan jaminan bahwa hewan kurban tidak mengidap penyakit menular tertentu (seperti antraks) yang membahayakan kesehatan hewan yang lain dan juga kesehatan manusia.

"Selain itu, usahakan hewan qurban disembelih oleh juru sembelih halal yang bersertifikat dan dilakukan di rumah pemotongan hewan," ujarnya.

Dia menambahkan saat menyembelih hewan kurban jauhkan anak-anak yang masih dibawah umur.

"Dikhawatirkan prosesi penyembelihan hewan kurban yang disaksikan oleh anak-anak di bawah umur akan menimbulkan efek yang kurang baik, misalnya sadisme dan kekerasan pada anak," katanya.

Bahkan selain dijauhkan dari anak-anak, lanjut dia, seyogyanya hewan kurban yang sedang dan telah disembelih dijauhkan pula dari hewan kurban yang lainnya yang belum disembelih.

"Hewan qurban yang menyaksikan 'temannya'  sedang dan telah disembelih bisa menimbulkan stres pada hewan qurban tersebut. Hewan kurban yang stres sebelum disembelih bisa berefek negatif untuk kesehatan manusia saat dagingnya dikonsumsi," ujarnya.

Tulus mengimbau guna mengurangi sampah plastik, untuk membagikan daging kurba  sebisa mungkin tidak menggunakan plastik.

"Gunakan pembungkus dari bahan baku nonplastik. Jangan sampai prosesi pembagian daging kurban justru berkontribusi terhadap maraknya penggunaan plastik. Dan jangan sekali-kali menggunakan tas kresek hitam untuk pembungkus daging kurban," ujarnya.

Menurut dia, plastik kresek hitam dibuat dari bahan baku plastik yang sangat buruk, bersifat karsinogenik, sehingga jika terkontaminasi pada daging kurban akan berdampak buruk terhadap kesehatan manusia.