Jalan lintas Sumatera Kabanjahe-Medan H+7 macet

id macet, Jalan Sumatera, medan, Kabanjahe-Medan, jalur mudik, mobil pribadi

Jalan lintas Sumatera Kabanjahe-Medan H+7 macet

Ilustrasi . (ANTARA/Yulius Satria Wijaya/17)

Medan (Antarasumsel.com) - Arus lalu lintas di Jalan Sumatera dari Kabanjahe-Medan, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (2/7) atau H+7 Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017, kelihatan mengalami kemacetan, karena menumpuknya mobil pribadi maupun bus angkutan umum yang melintas di daerah itu.

"Terjadinya kemacetan roda empat di jalan negara itu, sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, sebab sebagian warga yang menginap di sejumlah hotel bintang di Kota Berastagi mengakhiri Libur Nasional," kata Salah seorang warga Kabanjahe, Irfan Hisyam (43) saat dihubungi dari Medan, Minggu malam.

Kemacetan mobil pribadi itu, menurut dia, sangat jelas kelihatan di lokasi tempat hiburan Mikie Holiday Holiday Resort & Hotel yang berada di Berastagi, Kabupaten Karo.

"Selain itu, juga terjadi kemacetan ditempat objek wisata Green Hills, di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, mobil para pengunjung kelihatan cukup banyak yang  ke luar dari tempat tersebut," ujar Irfan.

Ia menjelaskan, kepadatan arus lalu lintas pada H+7 Idul Fitri 1438 Hijriah di jalan nasional tersebut, cukup meningkat dan jauh berbeda bila dibandingkan pada H+4, H+5, H+6 yang kelihatan tidak begitu ramai kendaraan mobil pribadi.

Kemacetan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) karena sebahagian warga dari Pulau Jawa,  Medan, Binjai, Langkat dan daerah lainnya yang telah selesai melaksananakan liburan atau merayakan Idul Fitri di objek wisata di Kota Berastagi.

Warga dan pengunjung banyak yang menginap di Berastagi yang udaranya sangat sejuk dan begitu juga pemandangan alamnya cukup indah.

Kota Berastagi tersebut, hampir sama dengan panorama alam yang terdapat di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

"Warga Sumatera Utara dan wisatawan mancanegara sangat menyuakai keindahan Berastagi," kata Irfan.

Sebelumnya, arus lalu lintas Jalan Sumatera Utara dari Kabanjahe-Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (1/7) atau H+6 Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah mengalami kepadatan.

"Kepadatan jalan negara tersebut, mulai kelihatan sejak pukul 15.00 WIB hingga malam pukul 20.00 WIB," kata salah seorang warga Kabanjahe, Alexander Ginting (54) saat dihubungi dari Medan, Sabtu malam.

Menurut dia, maskipun Jalinsum di wilayah Kabupaten Karo yang berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang terjadi kepadatan, namun tidak sampai mengalami kemacetan.

"Kendaraan roda empat mau pun roda dua yang melintas di jalan nasional itu, dari Kabanjahe tujuan Medan atau sebaliknya tetap dapat bergerak dan aman," ujar Alexander.

Ia menjelaskan, kepadatan yang terjadi di Jalinsum wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terdapat di tiga titik, yakni Berastagi, Kabupaten Karo, Tempat Wisata Green Hills dan Pemandian Alam Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang