Lampung Timur terbaik ke-3 dalam perencanaan daerah

id Lampung Timur, Chusnunia Chalim, penghargaan terbaik ketiga, perencanaan pembangunan daerah, kepala daerah, perencanaan dokumen pembangunan daerah

Lampung Timur (Antarasumsel.com) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menerima penghargaan terbaik ketiga perencanaan pembangunan daerah dari Pemprov Lampung.

Menurut Erdy Yuliandi, Kasubag Humas Pemkab Lampung Timur dalam keterangan di Lampung Timur,  Jumat, selain untuk Kabupaten Lampung Timur yang diterima Bupati Chusnunia, penghargaan itu juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah di Provinsi Lampung yang dinilai telah membuat perencanaan dokumen pembangunan daerah terbaik tahun 2017.

Anugerah Pangripta Sai Bumi Ruwa Jurai diberikan oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo di Bandarlampung, Rabu (5/4), yaitu Pangripta Sai Bumi Ruwa Jurai 1 diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan sebagai daerah perencana terbaik satu, kedua diberikan kepada Kabupaten Tanggamus, terbaik ketiga Kabupaten Lampung Timur, dan terbaik keempat Kota Metro.

Kategori perencanaan daerah terbaik itu dinilai dengan menggunakan dua belas parameter, yaitu keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijakan, proses perencanaan dari bawah (bottom up), proses perencanaan dari atas (top down).

Lalu, proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi dan kemampuan presentasi serta penugasan materi.

"Seleksi dan penilaian dilaksanakan oleh Tim Penilai Utama, Tim Penilai Teknis, dan Tim Penilai Independen dari akademisi dengan menilai dokumen perencanaan dan proses perencanaan pembangunan," katanya pula.

Anugerah Pangripta Saburai telah berlangsung sejak 2016, dan tahun 2017 ini Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menerima penghargaan Anugerah Pangripta Sai Bumi Ruwa Jurai sebagai perencana pembangunan daerah terbaik ketiga.