Triadi pecahkan rekor gaya ganti perseorangan

id renang,atlet renang, peahkan rekor, Triadi Fauzi S, rekor pon, gaya ganti perseorangan putra, PON XIX 2016

Triadi pecahkan rekor gaya ganti perseorangan

Atlet renang (FOTO ANTARA)

Bandung  (ANTARA Sumsel) - Atlet renang asal Jawa Barat, Triadi Fauzi S memecahkan rekor gaya ganti perseorangan putra yang sudah selama 12 tahun dipegang Albert C Sutanto saat PON 2004 di Sekayu, Sumsel dengan catatan waktu dua menit 7,27 detik.

Triadi pada babak penyisihan cabang renang gaya ganti perorangan putra PON XIX 2016 di kolam renang UPI, Bandung, Rabu, menorehkan waktu lebih cepat yakni dua menit 2,14 detik, sehingga memecahkan rekor 12 tahun rekor atas nama Albert Sutanto.

Renang akan menjadi cabang pertama yang memperebutkan medali emas PON XIX/2016 Jawa Barat.

Cabang renang dipertandingkan di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung mulai 14 September 2016.

"Renang akan menjadi peraihan emas pertama PON dan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan sebelum upacara pembukaan," kata Ketua Bidang Pertandingan PB PON Jabar Yudha M Saputra di Bandung, Jumat (9/9).

Menurut Yudha, pada hari pertama laga cabang renang akan memperebutkan tujuh medali emas.

Selain renang, cabang drumband pada 14 September juga memperebutkan dua medali emas di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.

"Jadi pada hari pertama akan ada perebutan sembilan medali emas, tujuh dari renang dan dua dari drumband," kata Yudha.

Emas pertama PON menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat karena termasuk medali emas istimewa dari sebuah perhelatan olahraga multieven.

Berdasarkan data, jumlah atlet PON Jabar tercatat 9.229 atlet yang terdiri atas 5.627 putra dan 3.602 putri. Sedangkan, jumlah ofisial sebanyak 4.071 orang.