Pekerjaan fisik jembatan Musi IV ditarget 2016

id jembatan, jembatan musi iv, kepala bbpjn iii, kementerian pu, a djunaidi, palembangpembebasan lahan,

Pekerjaan fisik jembatan Musi IV ditarget 2016

Kota Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/15/Den)

....Jembatan Musi IV menjadi perhatian utama saat ini karena diharapkan dapat mengurangi beban Jembatan Ampera yang menjadi satu-satunya akses antara seberang hulu dan hilir....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pekerjaan pembangunan fisik Jembatan Musi IV Palembang Sumatera Selatan, ditargetkan pada 2016 karena pada tahun ini difokuskan pada penyediaan lahan dan proses lelang proyek.

Kepala Bidang Pelaksana Balai Besar Pembangunan Jembatan Nasional III Kementerian Pekerjaan Umum A Djunaidi di Palembang, Rabu, mengatakan, target itu kemungkinan besar tercapai karena pembayaran ganti rugi lahan Musi IV oleh pemerintah kota sudah memasuki tahap kedua, setelah tahap pertama menggelontorkan Rp4,8 miliar.

"Jika bisa, di September atau Oktober sudah lelang. Rencananya, lelang dilakukan keseluruhan atau langsung untuk sisi hulu dan hilir meski proyek direncanakan dimulai dari sisi hulu dulu yakni dari kawasan 14 Ulu," kata Djunaidi.

Ia mengemukakan, saat ini pemerintah fokus pada penyelesaian pembangunan Jembatan Musi IV ini karena lebih menunjukkan peningkatan dibandingkan rencana pembangunan Musi VI.

Untuk itu, pemerintah melalui APBN telah menyediakan dana Rp400 miliar untuk proyek tersebut.

"Jembatan Musi IV menjadi perhatian utama saat ini karena diharapkan dapat mengurangi beban Jembatan Ampera yang menjadi satu-satunya akses antara seberang hulu dan hilir. Ini menjadi sangat penting karena tahun 2018, Palembang menjadi tuan rumah Asian Games ke-18," kata dia.

Selain membangun Jembatan Musi IV, pemerintah juga akan membangun jembatan layang di persimpangan kawasan sekip dan bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II untuk memecahkan kemacetan yang terjadi pada jam sibuk di lokasi tersebut.

Terkait dengan jembatan layang, menurutnya, kedua proyek ini sudah menyelesaikan pembuatan DED (Detailed Engineering Design).

"Persoalan ada pada pembebasan lahan, sementara untuk dana sudah siap semua. Karena itu, yang kemungkinan bisa jalan dalam waktu dekat yakni pembangunan Jembatan Musi IV yang sisi hulu di kawasan 14 Ulu dan sisi hilir di Pasar Kuto," kata dia.

Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta.

Untuk menunjang peran tersebut, Sumsel memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya. Belum lama ini, Bandara SMB II telah merampungkan proyek perluasan tahap kedua, kemudian sejumlah mal dan hotel berbintang ternama telah berdiri di Palembang untuk memanfaatkan peluang penyelenggaraan ajang olahraga bergengsi tingkat Asia tersebut.