Muhammadiyah Sumsel mulai puasa 28 Juni

id muhammadiyah, rektor muhamadiyah

Muhammadiyah Sumsel mulai puasa 28 Juni

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang HM Idris (tengah) (Foto Antarasumsel.com/14/Susilawati/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Muhammadiyah Sumatera Selatan telah memutuskan untuk mulai puasa pada 28 Juni 2014 sesuai dengan instruksi dari pimpinan pusat.

"Pada 27 Juni 2014 itu akhir Syawal dan malamnya mengawali 1 Ramadhan atau 28 Juni nanti sudah puasa," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, HM Idris, Selasa.

Menurut dia, mereka mengikuti instruksi dari pimpinan pusat Muhammadiyah dalam melaksanakan puasa.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagaimana maklumat nomor 02/MLM/I.0/E/2014 tanggal 09 Rajab 1435 H/08 Mei 2014 M berdasarkan hasil hisab Wujudul Hilal yang dilakukan majelis Tarjih dan Tajdid telah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1435 H dan dimulainya puasa (shaum) Ramadhan jatuh pada Sabtu, 28 Juni 2014.

Sehubungan dengan itu kepada segenap muslim untuk memulai puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan dengan niat ikhlas karena Allah, mengikuti Sunnah Rasulullah dan mewujudkan amal-amal Islami yang membawa pada kebaikan, kedamaian, kemajuan dan kebahagiaan, katanya.

Sementara mengenai libur Ramadhan di universitas itu, ia mengatakan, kalau Universitas Muhammadiyah Palembang sudah membuat surat edaran pada 27-28 Juni libur memasuki bulan puasa.

Kemudian pada 30 Juni 2014 bekerja kembali dan libur Idul Fitri pada 26 Juli sampai 3 Agustus 2014, ujarnya.

Ia menuturkan, selama bulan Ramadhan juga akan dilakukan pengajian-pengajian secara berturut-turut sampai menjelang buka puasa.

Selain itu, juga dilakukan safari Ramadhan di beberapa tempat di dalam Kota Palembang, katanya.