"Tortor Mossak" meriahkan Pekan Raya Sumut 2014

id tarian Tortor Mossak sumut, Pekan Raya Sumut 2014

Medan (ANTARA Sumsel) - Tarian Tortor Mossak akan dipentaskan Sanggar budaya Lusido dari Kabupaten Toba Samosir untuk memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (Sumut) ke-43 di Medan pada 22 Maret hingga 15 April  2014.

"Gerak tari tortor ini dikolaborasikan dengan seni mossak atau sejenis olahraga bela diri sebagai atraksi andalan dalam mengisi malam kesenian Tobasa," ungkap Pimpinan Sanggar budaya Lusido, Rismon Sirait di Balige, Senin.

Rismon mengatakan, tortor Mossak itu didukung 70 orang penari yang akan menyuguhkan sendratari tentang pengangkatan Raja dan prosesi pesta pernikahan Batak Toba dengan iringan 'gondang sabangunan' (seperangkat alat musik tradisonal yang lengkap).

Menurutnya, sendratari pengangkatan Raja yang dilakonkan dalam tortor Mossak tersebut memberikan pesan moral tentang karakter Raja-raja Batak zaman dulu, dengan sifatnya yang arif dan bijak serta senantiasa menghormati tatanan adat dalihan natolu.

Rismon mengaku, tortor mossak yang merupakan sejenis tari silat itu sudah hampir dilupakan, bahkan tidak pernah lagi dipentaskan.

Sehingga, kata dia, kesenian yang menjadi identitas budaya dan warisan leluhur yang bersinggungan dengan olahraga maupun pariwisata itu perlu digali kembali serta dimunculkan, dalam rangka pelestarian.