Warga temukan ular sanca 4,5 meter di perkampungan

id sanca, ulalr sanca

Warga temukan ular sanca 4,5 meter di perkampungan

Ular sanca (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (Antara Sumsel) - Warga menemukan ular sanca sepanjang 4,5 meter saat sedang memancing di Sungai Winongo di kawasan perkampungan Badran, Kecamatan Jetis, Yogyakarta.

Ular tersebut kini diamankan di rumah Sugiono yang berada tepat di bantaran sungai di Desa Badran, Kamis.

"Penemuan ular di sekitar lingkungan ini sudah keenam kalinya sejak 2011. Jenisnya kebanyakan sanca. Namun, ular yang ditemukan kali ini adalah yang terbesar," kata Sugiono.

Sugiono mengatakan, setelah melihat ular di atas batu ia segera memanggil ayah dan saudara laki-lakinya untuk turun ke sungai dan menangkap ular tersebut.

"Kemungkinan besar, ular sanca cinde itu muncul ke permukaan karena liang tempat ia tinggal terendam air. Kebetulan saat itu sedang hujan," katanya.

Penangkapan ular tersebut, lanjut dia, dilakukan karena banyak anak kecil yang juga tinggal di bantaran sungai, apalagi anak-anak tersebut biasanya bermain-main di sekitar sungai.

Ia menambahkan, ular yang ditemukan tersebut kemudian akan dijual seperti ular-ular lain yang pernah ia tangkap. "Sanca dengan panjang 0,5 meter yang pernah kami tangkap laku Rp80.000. Jadi, ular yang sekarang kami tangkap harusnya laku lebih mahal," katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Ular SIOUX Aji Rahmat mengatakan, penemuan ular di Sungai Winongo tersebut menjadi salah satu bukti bahwa habitat dan ekosistem sungai masih cukup terjaga.

"Kemunculan ular di sungai tersebut cukup normal apalagi saat air sungai tinggi. Kemungkinan juga, ular tersebut ingin mencari mangsa," katanya.(E013)