Jon Lord, Kibordis "Deep Purple" tutup usia

id Jon Lord, Deep Purple

Jon Lord, Kibordis "Deep Purple" tutup usia

Band Deep Purple (Foto Antarasumsel.com/Ruters.com)

London (ANTARA/Reuters) - Jon Lord, kibordis dan salah seorang pendiri kelompok musik rock legendaris Inggris "Deep Purple", meninggal dunia di satu rumah sakit London dalam usia 71 tahun karena kanker pankreas, menurut laman resminya, Senin.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan kepergian Jon Lord, yang menderita emboli paru-paru fatal pada hari ini, Senin 16 Juli di klinik London, setelah perjuangan panjangnya melawan kanker pankreas. Jon pergi di tengah keluarga yang mencintainya," tulis pesan di laman tersebut.

Lord turut serta menulis banyak lagu legendaris "Deep Purple" termasuk "Smoke On The Water", dan terlibat dengan banyak grup musik dan musisi lain sepanjang kariernya, antara lain grup musik rock Whitesnake and Paice, serta Ashton and Lord.

Lord juga dikenal sebagai salah seorang pelopor penggabungan musik rock dengan orkestra. Pada 1969 untuk pertama kali Deep Purple tampil sepanggung dengan Royal Philharmonic Orchestra di Royal Albert Hall, London.

Dilahirkan di Leicester, Inggris tengah, Lord kecil memupuk bakatnya dengan belajar piano klasik di usia dini sebelum kemudian beralih ke jazz dan R&B saat remaja.

Sejak 1968, Deep Purple merupakan satu dari sejumlah kelompok musik rock dan heavy metal papan atas Inggris. Bersama dengan Led Zeppelin dan Black Sabbath, "Deep Purple" merajai tangga lagu di seluruh dunia pada era 1960an dan 1970an.

Deep Purple juga pernah terdaftar dalam Buku Rekor Dunia sebagai group yang paling keras (nyaring) di dunia sekalipun harus mengalami beberapa kali pergantian anggota antara 1976 dan 1984.

Lord tetap setiap dengan "Deep Purple" hingga mengundurkan diri pada 2002 sebelum kemudian bermain secara lepas dengan sejumlah musisi antara lain penggebuk drum Ian Paice, penyanyi David Coverdale dan gitaris Ritchie Blackmore.

Single solo Lord antara lain adalah karya gubahannya untuk orkestra Sarabande pada 1976. Pada tahun lalu, Lord juga mengatakan bahwa ia tengah mengerjakan karya baru yang menggabungkan unsur group musik dan musik orkestra. (ANT-Uu.SYS/M016)