Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertandingan cabang olahraga taekwondo dan karate pada Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, ditetapkan di Kompleks Olahraga Jakabaring.

"Semula memang direncanakan di hotel berbintang lantaran Kompleks Olahraga Jakabaring tidak memiliki gedung bela diri, tapi setelah diinventarisir ternyata Gedung Olahraga (GOR) Dempo sangat memadai," kata Ketua Umum KONI Sumatera Selatan Muddai Madang di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan dalam pelaksanaan ISG itu hanya tiga cabang olahraga yang berada di luar Kompleks Olahraga Jakabaring dari 13 yang dipertandingkan.

"Wushu direncanakan dilaksanakan di Hotel Aryaduta, sementara bola voli indoor dan bola basket di Palembang Sport And Convention Center (PSCC) dengan jadwal bergantian," katanya.

Sementara itu, ke-10 cabang olahraga yang dipertandingkan di Jakabaring yakni, atletik, bola voli pantai, taekwondo, karate, renang, bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, panahan, dan angkat besi.

Ia menambahkan bahwa cabang olahraga senam tidak dipertandingkan pada ISG kali ini karena jumlah peserta tidak mencapai tiga negara.

Terkait usulan Sumsel mengganti dengan menembak, menurutnya ditolak oleh ISSF karena terkendala dengan minimnya persiapan peserta mengingat perhelatan akan digelar dua bulan mendatang.

"Untuk senam batal dipertandingkan sehingga total jumlah cabang olahraga hanya 13 dengan asumsi voli pantai serta voli indoor dianggap satuan yang terpisah," ujarnya.

Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial akan ambil bagian pada ISG edisi ke-3 itu yang mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Sebanyak 25 negara telah memastikan keikutsertaannya, di antaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guinea, Turki, dan Indonesia.

Sumatera Selatan ditetapkan sebagai tuan rumah ISG 2013 menggantikan Provinsi Riau dalam rapat koordinasi Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Agama Surya Dharma Ali, dan instansi terkait di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Selasa (2/7).

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar