Mendag sebut anggaran makan gratis per porsi sesuai kemampuan daerah

id mendag, sosialisasi makan siang gratis,progran makan bergizi gratis

Mendag sebut anggaran makan gratis per porsi sesuai kemampuan daerah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan sosialisasi makan bergizi gratis dan bangga produk dalam negeri di SMK dan SMA di Kabupaten Lampung Selatan. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa nilai anggaran program makan bergizi gratis (MBG) per porsi akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.
 
"Program makan bergizi gratis untuk tahun depan anggaran keseluruhannya dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 sudah ditetapkan yaitu sebesar Rp71 triliun," ujar Zulkifli Hasan di Lampung Selatan, Jumat.
 
Ia mengatakan untuk penetapan anggaran makan bergizi gratis per porsi nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan daerah, karena harga bahan pangan serta biaya produksi yang berbeda-beda setiap daerah.
 
"Sebenarnya yang menentukan harga per porsinya adalah para ahli gizi, sebab beda provinsi beda pula harga, biaya dan sebagainya. Jadi disesuaikan dengan kemampuan daerah seperti apa," katanya.

Dia melanjutkan untuk kelengkapan jenis makanan per porsi pun akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.