Transaksi di Festival Sriwijaya 2024 ditargetkan mencapai Rp2 miliar

id Sumsel,festival sriwijaya,Disbudparsumsel,Menparekraf,sandiaga uno,Monpera,palembang

Transaksi di Festival Sriwijaya 2024  ditargetkan mencapai Rp2 miliar

Pembukaan Festival Sriwijaya 2024 di Palembang, Jumat (21/6/2024). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menargetkan transaksi di ajang Festival Sriwijaya 2024 mencapai Rp2 miliar.

Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal di Palembang, Jumat, mengatakan festival itu berlangsung selama tiga hari pada 21-23 Juni 2024 di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang. Sebanyak kurang lebih 30 pelaku UMKM dan ekonomi kreatif ditampilkan di Pasar Kangen Festival Sriwijaya tersebut.

Jumlah pengunjung Festival Sriwijaya diperkirakan mencapai 10.000 orang, baik langsung maupun hybrid. Tenaga kerja dan SDM dari berbagai pihak yang terlibat dalam Festival Sriwijaya sebanyak 2.000 orang, mulai dari pelaku seni (sanggar tari) se-Sumatera Selatan, pegawai hotel, transportasi, keamanan, kebersihan, kesehatan, panitia, dan pelaku wisata.

"Diharapkan transaksi yang terjadi baik di lokasi maupun di luar lokasi dari akomodasi, restoran, oleh-oleh dan tiket yang dibelanjakan sebagai dampak dari Festival Sriwijaya 2024 senilai Rp2 miliar," katanya.

Festival Sriwijaya 2024 juga diikuti oleh delegasi dari beberapa negara seperti Spanyol dan Meksiko yang menampilkan pertunjukan khas masing-masing.