BPBD bersama PTBA salurkan 30.000 liter air bersih untuk warga terdampak banjir Muara Enim

id Banjir Muara Enim,BPBD Muara Enim,Air bersih

BPBD bersama PTBA salurkan 30.000 liter air bersih untuk warga terdampak banjir  Muara Enim

Banjir di wilayah Muara Enim, Sumatera Selatan (ANTARA/ HO- BPBD)

Palembang (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, bersama PT Bukit Asam (PTBA) membagikan 30.000 liter air bersih ke warga terdampak banjir.
 
"Kami bersama CSR dari PTBA menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 30.000 liter air untuk warga terdampak banjir di wilayah Muara Enim," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Muara Enim Doris di Muara Enim, Jumat.
 
Ia berharap melalui bantuan tersebut dapat memberikan warga semangat dalam menghadapi bencana banjir. Selain menyalurkan bantuan air bersih, pihaknya terus melakukan evakuasi dan juga menyalurkan bantuan lainnya dari BUMN dan BUMD.
 
Doris menyebutkan ketinggian air mencapai 50 sentimeter hingga  dua meter. Namun pihaknya bersyukur kini ketinggian air mulai surut dan pihaknya masih melakukan evakuasi sisa banjir dan membantu warga terdampak.
 
Berbagai upaya evakuasi dilakukan oleh pihaknya dengan mengerahkan perahu karet dan membantu warga terdampak, serta menyalurkan bantuan dari pihak pemerintah, kemudian BUMN dan BUMD.
 
Ia menambahkan banjir pada sebagian besar wilayah Muara Enim akibat luapan sungai yang melintas di daerah itu. Sebanyak 1.237 rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 50 sentimeter hingga dua meter.
 
BPBD menyebutkan data sementara sebanyak 6.650 orang terdampak banjir, bahkan sebagian harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Jumlah tersebut kemungkinan bertambah bila intensitas hujan masih tinggi.
 
Mereka tersebar pada empat desa di Kecamatan Lawang Kidul yakni Desa Darmo, Desa Linga, Desa Tegarejo, dan Kelurahan Pasar Tanjung Enim.