Pembina Mahavihara Palembang ajak warga untuk tingkatkan moralitas hidup

id Waisak di Palembang,Vihara di Palembang,Warga Palembang

Pembina Mahavihara Palembang ajak warga untuk  tingkatkan moralitas hidup

Menyalakan lilin pelita di Mahavihara Dharmakirti Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA/M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Pembina Mahavihara Dharmakirti Palembang, Sumatera Selatan, Darwis Hidayat mengajak warga meningkatkan moralitas hidup dalam momentum perayaan Waisak 2024.
 
"Dalam momen perayaan Waisak 2024 ini mari kita tingkatkan moralitas kehidupan, karena ada lima moralitas hidup yang harus ditingkatkan," kata Darwis Hidayat di Palembang, Kamis.
 
Ia menyebutkan kelima moralitas hidup itu ialah jangan berbuat asusila yang bukan pasangan suami istri, jangan mencuri, jangan merusak, jangan menyebarkan berita yang tidak benar, dan jangan membunuh serta berbuat kekerasan.
 
Menurutnya meningkatkan moralitas dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting guna menghindari perbuatan yang tidak terpuji.
 
Pihaknya juga menyalakan sebanyak 2.800 lampu pelita yang sudah menjadi tradisi sejak awal Sang Buddha masih hidup dan dilanjutkan oleh para murid dan umatnya
 
Ia menambahkan perayaan Waisak tahun ini mengambil tema "Keharmonisan merupakan pedoman hidup berdampingan dalam berbangsa" untuk membaurkan ketegangan pada 2024 yang menjadi tahun politik bagi Indonesia.
 
"Momentum Hari Raya Waisak dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kebahagiaan sejati bagi umat Buddha sekaligus menjadi perekat kerukunan dan toleransi antarwarga Kota Palembang," katanya.