Jangan panik saat tolong pengidap epilepsi

id epilepsi,hari epilepsi sedunia,RSPON

Jangan panik saat tolong pengidap epilepsi

epilepsi (pixabay.com)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis neurologi dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Prof Dr. dr. Mahar Mardjono, Chairunnisa mengatakan hal utama yang perlu dilakukan ketika menemukan dan menolong seseorang yang terkena serangan epilepsi adalah tidak panik.

Apabila panik, kata dia, maka yang akan menolong penderita tersebut justru tidak dapat berpikir. Yang kedua, lanjut dia, memastikan penderita diletakkan di tempat yang aman ketika epilepsi terjadi.

"Yang paling penting adalah jangan pernah memasukkan apapun ke dalam mulut pasien," ujar Chairunnisa dalam gelar wicara Hari Epilepsi Sedunia yang disiarkan RSPON di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan banyak orang yang memasukkan benda ke dalam mulut penderita, misalnya sapu tangan, baju, sendok, guna mencegah agar lidahnya tidak tertelan atau tergigit. Padahal jika melakukan itu, maka ada risiko penderita dapat tersedak.



Menurutnya, justru saat epilepsi tersebut penderitanya membutuhkan oksigen ke otak, karena ada gangguan pada otaknya saat itu. Sehingga, kata dia, perlu ada jalur untuk bernafas yang lebih baik.

"Jangan memasukkan apapun. Biarkan sampai serangannya atau pasien yang kejang itu selesai," ucapnya.