Kementan pastikan pasokan cabai aman jelang Ramadhan 1445 H

id Kementan,Cabai,Ramdhan,Petani cabe, bulan puasa, harga perkg

Kementan pastikan pasokan cabai aman jelang Ramadhan 1445 H

Pedagang menunjukkan cabai rawit di salah satu pasar tradisional di Gianyar, Bali, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan petani champion memastikan pasokan cabai dalam kondisi yang aman menjelang Hari Besar Keagamaan Negara (HBKN) Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura optimisme jika pasokan cabai untuk 2024 bakal tercukupi dan memastikan pasokan akan aman menjelang Hari Besar Keagamaan Negara (HBKN) kali ini,” kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan Andi Muhammad Idil Fitri di Jakarta, Selasa.

Idil mengatakan bahwa berdasarkan data Early Warning System (EWS) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Hortikultura, ketersediaan aneka cabai di Februari ini diperkirakan aman.

Produksi cabai rawit utamanya berasal dari Kabupaten Malang sebanyak 15.233 ton, di Temanggung 7.200 ton, dan di Garut 6.950 ton. Untuk komoditas cabai besar, produksi utamanya berasal dari Kabupaten Sleman sebanyak 17.028 ton, Garut 9.466 ton, dan Bandung sebanyak 3.795 ton.

Menurut dia, dengan kondisi pertanaman cabai mulai banyak di wilayah sentra, Idil menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan cabai.