Iran sita kapal tangki minyak AS di Laut Oman

id iran,amerika serikat,angkatan laut,kapal tanker minyak,penyitaan,berita palembang, berita sumsel

Iran sita kapal tangki minyak AS di Laut Oman

Ilustrasi kapal tanker Iran. (Anadolu Agency)

Teheran (ANTARA) - Angkatan Laut Iran pada Kamis (11/1) mengkonfirmasi telah menyita kapal tangki minyak milik Amerika Serikat di Laut Oman.

Dalam pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah, angkatan laut mengatakan kapal AS tersebut disita "berdasarkan perintah pengadilan."

AL mengatakan tanker minyak itu mencuri minyak Iran tahun lalu "di bawah arahan AS" dan memasok minyak tersebut ke Washington.

Menurut pernyataan itu, kapal tangki tersebut berlayar di Laut Oman ketika disita melalui perintah pengadilan "sebagai balasan atas pencurian minyak Iran oleh AS."

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa tanker yang disita telah dipindahkan ke pelabuhan Iran dan diserahkan kepada lembaga kehakiman untuk dilakukan tindakan hukum.

Perincian insiden tersebut masih belum jelas. Angkatan Laut Iran diperkirakan akan merilis pernyataan terperinci setelahnya.

Sementara itu, laporan media yang mengutip perusahaan keamanan maritim Inggris Ambrey mengatakan tanker berbendera Kepulauan Marshall itu "ditumpangi oleh orang-orang bersenjata di lepas pantai Oman" ketika berlayar dekat Kota Sohar di Oman.