Siswa ingin ikut SPNMB, baca seksama panduanya

id SNPBM,Pesrlerta, perguruan tinggi, seleksi

Siswa ingin ikut  SPNMB, baca seksama panduanya

Tangkapan layar - Sosialisasi registrasi SNPMB siswa yang diikuti secara daring di Jakarta pada Jumat (5/1/2024). ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari.

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie meminta kepada seluruh siswa lulusan SMA untuk membaca panduan dengan seksama sebelum mendaftarkan diri untuk mengikuti SNPMB.
 
"Pertama yang harus dilakukan, baca panduan dengan seksama, lihat laman SNPMB, jangan mengandalkan pengetahuan sebelumnya. Yang sering terjadi itu mengandalkan sebelumnya, dikira sama padahal setiap tahun kita selalu melakukan perbaikan dan penyempurnaan," kata Tjitjik dalam diskusi yang diikuti secara daring di Jakarta pada Jumat.
 
Ia juga menegaskan, semua proses SNPMB diupayakan untuk berjalan secara adil, sehingga menurut Tjitjik, peserta yang memperhatikan dengan baik buku panduan yang sudah tertera pasti tidak akan mengalami kendala saat mendaftar.
 
"Baca panduan dengan baik yang ada di SNPMB, diunduh, dipelajari satu persatu dan mohon diikuti sosialisasi yang ada, karena kita juga lakukan sosialisasi lewat media sosial dan streaming Youtube secara reguler, sehingga dapat diputar ulang," katanya.
 
Ia juga mengingatkan agar baik siswa maupun sekolah tidak mendaftar di masa-masa kritis menjelang akhir penutupan pendaftaran.
 
"Yang sering terjadi pada sekolah maupun siswa itu menunda pada batas akhir, nyaris di waktu kritis, sehingga saat belum bisa masuk, seolah-olah kesalahan sistemnya, padahal yang sebenarnya terjadi itu keteledoran di sekolah, apakah itu tim operator, maupun kelalaian siswa sendiri," katanya.