Inilah 11 masalah kulit utama orang Indonesia

id masalah kulit,masalah kulit orang indonesia,skin genomic research,penelitian genom kulit,genom kulit,kesehatan kulit

Inilah 11 masalah kulit utama orang Indonesia

Gelar wicara “1st in Indonesia: ParagonCorp Skin Genomic Research - Decode Indonesian Specific Skin Needs” di Jakarta X Beauty (JXB), Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)

Jakarta (ANTARA) - Penelitian genom kulit yang dilakukan perusahaan teknologi produk kecantikan PT Paragon Technology and Innovation (ParagonCorp) mengungkap 11 masalah kulit utama yang spesifik paling sering dialami orang Indonesia.

"Skin genomic research (penelitian genom kulit) merupakan penelitian yang kompleks, di Indonesia, penelitian ini merupakan penelitian genomik pertama pada kulit masyarakat Indonesia dengan skala besar,” ujar Global Group Head Brand Development ParagonCorp Alif Kartika pada gelar wicara di Jakarta X Beauty (JXB), Jakarta Convention Center, Minggu.

Penelitian dilakukan pada 515 subjek (150 pria dan 365 wanita) yang terdiri dari delapan kelompok etnik terbesar di Indonesia, yakni Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Berdasarkan studi tersebut, ditemukan bahwa permasalahan kulit yang paling sering dialami masyarakat Indonesia adalah pembesaran pori (cheek sebaceous pores), garis lipatan leher (horizontal neck folds), dan garis senyum (nasolabial folds).