Tiga menit untuk capres saling sanggah

id KPU RI,Hasyim Asy'ari,Pemilu 2024,Debat Capres Cawapres

Tiga menit untuk capres saling sanggah

Ketua KPU Hasyim Asy'ari usai konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memberi waktu tiga menit untuk calon presiden (capres) saling sanggah-menyanggah saat debat perdana pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres/cawapres) yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin.

Hasyim mengaku akan ada sesi saling sanggah-menyanggah dalam debat perdana khusus capres besok. Ia menyebutkan akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan dengan total durasi 150 menit.

Adapun masing-masing segmen akan ada tiga pertanyaan yang ditanyakan ke capres. "(Capres) menjawab pertanyaan yang diambil secara acak itu 120 detik, berarti 2 menit ya," kata Hasyim kepada awak media.

Setelah capres A menjawab pertanyaan, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi jawaban itu. "Calon lain menanggapinya (masing-masing) 60 detik, berarti berapa 1 menit (total 2 menit sanggahan dari capres B dan C)," ujarnya.

Kemudian, capres A akan diberi kesempatan terakhir untuk menjawab sanggahan capres B dan C. Total waktu sanggahan terakhir itu selama 60 detik atau 1 menit.

"Begitu terus berulang, seperti itu," jelas Hasyim.