UIN Palembang-ANTARA Sumsel kolaborasi gelar seminar jurnalistik dan media digital

id seminar jurnalistik, sumsel, palembang, uin raden fatah

UIN Palembang-ANTARA Sumsel kolaborasi gelar seminar jurnalistik dan media digital

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumsel Syarif Abdullah didampingi Ketua Panitia Seminar Jurnalistik UIN Palembang Agung saat memberikan paparannya di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Kamis. (ANTARA/HO/Winda)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Laboratorium Fakultas Dakwah-Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Selatan berkolaborasi menggelar Seminar Pelatihan Jurnalistik 2023 di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Palembang, Kamis.

Kegiatan seminar itu diikuti 60-an mahasiswa UIN Palembang dengan tema meningkatkan keterampilan media dengan metode pembelajaran di era digital.

Pengawas Laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Palembang Randika menyebutkan seminar jurnalistik itu untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada para mahasiswa tentang kondisi eksisting bisnis media serta transformasi media di tanah air.

"Kami berharap dari kegiatan ini, para mahasiswa mengenal, memahami dan tahu tentang dunia yang mungkin mereka geluti nantinya. Kegiatan ini juga membuka wawasan mahasiswa terkait kerja jurnalistik," kata Randika.

Sementara itu Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumsel Syarif Abdullah dalam memaparkan tentang upaya menjaga peluang dan kesempatan, bermedia serta tantanganya.

Ia menyebutkan dunia dan insan jurnalistik terus berubah dan bertransformasi menyesuaikan platform yang sesuai dan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

"Semua media bergerak dan bertransformasi, termasuk ANTARA yang sejak berdirinya 13 Desember 1937 hingga saat ini sudah sekian kali bertransformasi sehingga masih ada dan terus menjaga eksistensinya hingga saat ini," kata Syarif Abdulah.

Ia juga memaparkan beberapa kiat untuk bermedia dengan menjaga marwah dunia jurnalistik sekaligus menjalankan bisnis dengan baik.

Para mahasiswa menyambut baik kegiatan itu dan mengikuti seminar dengan aktif. Mereka juga menyampaikan ketertarikan kepada dunia jurnalistik.

"Kami punya ketertarikan pada jurnalistik dan butuh sharing dan diskusi seperti ini. Kami juga mencoba memahami media massa yang ada saat ini, dan berharap mereka bisa mengikuti kebutuhan kami sebagai orang muda," kata Nourma, dari Lensa Fatwa, media internal kampus itu.

Di penghujung acara, para peserta memberikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-86 Perum LKBN ANTARA yang akan jatuh pada 13 Desember 2023.