Obesitas jadi penyebab gangguan hormonal pola haid tidak teratur

id pola haid,siklus haid,mentruasi,dokter kandungan,haid,mens,pola menstruasi,obesitas,siklus menstruasi

Obesitas jadi penyebab gangguan hormonal pola haid tidak teratur

Arsip foto - Anggota Beranda Perempuan merapikan pembalut kain produksi keluarga penyintas kekerasan seksual saat pendampingan di Jambi, Selasa (17/5/2022). (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/rwa)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Riyan Hari Kurniawan, Sp.OG, Subsp. FER mengatakan obesitas berat badan menjadi salah satu penyebab gangguan hormonal yang mengakibatkan pola haid menjadi tidak teratur.

“Salah satu yang menjadi penyebab mens tidak teratur dari pengalaman kami banyaknya gangguan hormonal di usia remaja atau usia muda itu karena problem overweight (kelebihan berat badan) atau obesitas,” ucap Riyan dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Riyan mengatakan penyebab pola haid tidak teratur bisa dicari tahu melalui pemeriksaan oleh dokter kandungan menggunakan ultrasonografi (USG). Dari pemeriksaan USG akan terlihat jika ada benjolan seperti miom atau ada penebalan di rahim, dan akan dilakukan tindakan seperti penipisan dinding rahim atau pengobatan membuang miom.

Jika tidak ada tanda-tanda tersebut, bisa disimpulkan haid tidak teratur karena gangguan hormonal yang seringkali disebabkan karena masalah berat badan berlebih. Untuk memperbaiki hormon, pasien biasanya akan diminta untuk mengurangi asupan tinggi karbohridrat dan garam, serta mengonsumsi makanan tinggi serat.
 

“Misalnya makanan-makanan yang tinggi serat, tinggi protein, kemudian kita hindari makanan yang tinggi karbohidrat kompleks, kemudian tinggi lemak jenuh, tinggi garam, perbanyak sayur, perbanyak buah, menambah aktivitas fisik misalnya,” ucap Riyan.