Kondisi kesehatan yang buruk dapat sebabkan insomnia

id Insomnia,Sulit tidur,Gangguan tidur,berita sumsel, berita palembang

Kondisi kesehatan yang buruk dapat sebabkan insomnia

Praktisi Kesehatan Dokter Spesialis Saraf dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta dr Astuti dalam siniar tentang gangguan tidur yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (4/9/2023). (ANTARA/Instagram-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Praktisi Kesehatan Dokter Spesialis Saraf dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta dr Astuti mengatakan kondisi kesehatan yang buruk turut mampu menyebabkan insomnia (gangguan sulit tidur).
 
"Insomnia bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang buruk, seperti pada penderita demensia, diabetes, hingga pada pasien pasca-stroke," kata Astuti dalam siniar tentang gangguan tidur yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.
 
Selain sejumlah penyakit tersebut, kata Astuti, insomnia juga dapat dipicu oleh penderita penyakit paru kronis, autoimun, jantung, serta parkinson.
 
Insomnia, kata dia, juga dapat dipengaruhi oleh pengaruh obat yang dikonsumsi, seperti pada kortikosteroid yang dikonsumsi oleh pengidap penyakit paru, serta obat dari penyakit asma.
 
"Kondisi psikis yang buruk seperti stres, banyak pikiran, atau berada di tempat yang baru juga dapat mengganggu pola tidur yang mengakibatkan insomnia," ujarnya.