Asosiasi Pempek beraksi bikin tumpeng pempek HUT RI

id sumsel,tumpeng pempek,HUT RI ,asosiasi pempek

Asosiasi  Pempek beraksi bikin tumpeng pempek  HUT RI

Peserta mengikuti lomba pembuatan tumpeng dari pempek di Palembang, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Asosiasi Pempek (Aspek) menginisiasi lomba pembuatan tumpeng dengan bahan utama pempek dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Palembang, Kamis.

Sekretaris Aspek Ita mengatakan kegiatan itu juga untuk menunjukkan semangat nasionalisme.

“Dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI, kami melakukan perlombaan tersebut untuk menunjukkan semangat nasionalisme, dengan menjunjung tinggi sportivitas dan kebersamaan,” katanya.

Kegiatan tersebut, katanya, juga untuk mengapresiasi dan memperkenalkan kuliner khas Palembang, pempek, kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat lebih mengenal pempek, tidak hanya sebagai makanan, akan tetapi juga bisa sebagai hiasan dalam berbagai acara, baik formal maupun nonformal,” katanya.

Ia menjelaskan perlombaan diikuti 20 peserta secara antusias, diwujudkan dengan tampilan tumpeng pempek karya mereka yang kreatif.

“Dalam memberikan penilaian ini tidak hanya sekadar terlihat bagus, namun juga harus memiliki cita rasa, higienis, dan kebersihan menjadi poin penilaian dari para juri,” ucapnya.

Pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa uang dan peralatan memasak. Peraih juara pertama mendapatkan uang Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta, juara ketiga Rp1 juta, sedangkan juara harapan pertama dan kedua mendapatkan peralatan memasak.

“Hadiah ini sebagai bentuk apresiasi untuk para pemenang, dan diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat tumpeng pempek,” kata Ita.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lomba tumpeng pempek meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Palembang