Warga Merbabu gelar kirab 1.000 tumpeng tanda syukur

id warga lereng Merbabu, Merapi, kirab 1.000 tumpeng

Warga Merbabu gelar kirab 1.000 tumpeng tanda syukur

Sejumlah warga lereng Merbabu Merapi saat mengikuti kirab 1.000 tumpeng dan air tujuh mata air di Desa?Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jateng, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Boyolali (ANTARA) - Warga lereng Gunung Merapi dan Merbabu menggelar upacara tradisi dengan mengirap 1.000 tumpeng sebagai tanda syukur atas kemakmuran yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, di Desa Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu.

Pada acara kirab 1.000 tumpeng yang diikuti ribuan orang dengan mengenakan pakaian adat lokal itu, juga membawa air yang dimasukkan dalam kendi diambilkan dari tujuh mata air di lereng Gunung Merbabu dengan menempuh jarak sekitar dua kilometer dari lapangan Desa Selo menuju tempat bertemu tujuh mata air di desa setempat.

Kepala Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali Andi Sutarno menyampaikan kegiatan kirab 1.000 tumpeng tersebut memperingati satu abad atau 100 tahun Desa Selo. Sebanyak 1.000 tumpeng tersebut menggambarkan rasa syukur warga terhadap Tuhan YME atas berkah yang diberikan kepada masyarakat di lereng gunung ini, semakin sejahtera.

Menurut dia, ada makna tersendiri dalam kirab 1.000 tumpeng tersebut. Kebetulan di Selo ada 1.008 kepala keluarga (KK). Hal ini, bentuk syukur warga kepada Tuhan YME atas rezeki yang diberikan.

Kegiatan kirab 1.000 tumpeng tersebut, dilaksanakan oleh warga Selo baru kali pertama. Kirab tumpeng ini menggambarkan guyub rukun antar-warga dan mereka semakin sejahtera.