Warga di Bengkulu arak tumpeng

id Peringatan Maulid Nabi 1445 Hijriah,Maulid Nabi di Bengkulu,Kota Bengkulu,Bengkulu

Warga di Bengkulu arak tumpeng

Ratusan masyarakat saat arak-arakan nasi tumpeng dalam memperingati Maulid Nabi 1445 Hijriah. ANTARA/Anggi Mayasari

Kota Bengkulu (ANTARA) - Ratusan masyarakat di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu melaksanakan tradisi arak-arakan dengan 70 tumpeng nasi kuning menuju masjid dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) 1445 Hijriah.
 
"Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah ratusan warga Kecamatan Muara Bangkahulu melakukan tradisi arak-arakan nasi tumpeng," kata Panitia Penyelenggara Ajransyah di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan nasi tumpeng yang diarak menuju masjid tersebut akan dibagikan kepada seluruh jamaah dan warga di lingkungan masjid guna dikonsumsi secara bersama-sama.
 
Kegiatan arak nasi tumpeng tersebut merupakan tradisi yang secara rutin dilakukan oleh masyarakat Kota Bengkulu dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.
 
"Ini adalah tradisi bagaimana kita menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan bentuk kegembiraan. Ini juga bentuk kecintaan kita dengan memberikan sedekah dalam bentuk nasi jambar dengan harapan mendapatkan syafaatnya di yaumul akhir," ujar Ajransyah.