Kemenkes memaparkan porsi makan tepat bagi ibu menyusui

id ASI eksklusif,Ibu menyusui,Porsi makan,Kemenkes,berita sumsel, berita palembang

Kemenkes memaparkan porsi makan tepat bagi ibu menyusui

Tangkapan Layar - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maria Endang Sumiwi pada diskusi bertajuk “Dukung ibu bekerja terus menyusui” oleh Kemenkes yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (8/8/2023). (FOTO ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) -
Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maria Endang Sumiwi memaparkan porsi makan yang tepat bagi ibu menyusui dalam rangka memperingati Pekan ASI sedunia selama Agustus 2023.
 
“Kebutuhan gizi dan porsi makan ibu saat menyusui itu tidak sama seperti biasanya, butuh asupan yang bagus supaya bisa menghasilkan ASI yang bagus pula untuk anaknya yang sedang tumbuh,” katanya dalam diskusi bertajuk “Dukung ibu bekerja terus menyusui” oleh Kemenkes yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.
 
Ia menjelaskan jika ibu menyusui, nasi atau makanan pokoknya harus enam porsi sehari, di mana satu porsinya yakni 100 gram atau 3/4 gelas nasi. Lalu, protein hewani sebanyak empat porsi sehari, bisa dari ikan, telur, ayam, maupun daging.
 
“Protein hewani ini wajib ada untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, karena zat gizinya digunakan sang anak untuk tumbuh,” katanya.
 
Ia melanjutkan, protein nabati seperti tempe atau tahu juga perlu, sebanyak empat porsi. Sedangkan untuk sayur-sayuran empat porsi, buah-buahan empat porsi, minyak atau lemak enam porsi, dan gula dua porsi sehari.
 
“Untuk gula, satu porsi itu satu sendok makan, tetapi bisa juga dari kue atau teh manis juga bisa,” katanya.