ABK kapal tugboat tercebur ke laut, selamat setelah berenang ke kapal penambang timah

id ABK jatuh di laut Bangka,Kepala BPBD Bangka Ridwan,Sungailiat Bangka

ABK kapal tugboat tercebur ke laut, selamat setelah berenang ke kapal penambang timah

Tim SAR Pangkalpinang melakukan proses evakuasi ABK jatuh di laut Sungailiat Bangka, (ANTARA/Kasmono)

Sungailiat (ANTARA) - Seorang ABK kalam tug boat tercebur ke laut akibat terhempas gelombang, namun berhasil selamat setelah berenang ke kapal terdekat di lokasi.

Tim SAR Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,menyatakan anak buah kapal (ABK) KM Jaya Prima, atas nama Aris Prastyo (42) yang jatuh di perairan laut Matras Sungailiat Bangka berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka, melalui keterangan pers, Rabu, menjelaskan Aris Prastyo dinyatakan selamat dan berhasil di evakuasi untuk mendapatkan perawatan.

Kronologi kejadian, pada Selasa (18/7) pukul 21.00 Wib KM Jaya Prima yang merupakan kapal tugboat berangkat dari Sungailiat menuju Jambi, saat melintas di sekitar pantai Matras atau pada koordinat perkiraan last known position (LKP) 1° 45.688'S 106° 8.804'T, terjadi gelombang air laut yang cukup kencang. Korban yang saat itu berada di dek kapal karena diketahui dalam kondisi mabuk jatuh ke laut sekitar pukul 22.50 WIB.

"Nakhoda kapal dan dibantu oleh ABK berusaha mencari korban, namun dalam melakukan pencarian mengalami kendala teknis yang menyebabkan mesin kapal mati," jelas dia.