Kuliner Palembang yang paling diburu

id palembang sumsel,kuliner diburu

Kuliner Palembang yang paling diburu

Dokumentasi - Penjual pempek di sentra kuliner pempek 26 Ilir Palembang, Sumsel, Jumat (12/7/2019). (ANTARA FOTO/Feny Selly/n)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia,tepatnya berusia 1340 tahun. Selain itu memiliki sejumlah keunggulan khas daerah,salah satunya kuliner atau masakan yang membedakan dengan daerah lainnya.

Berikut beberapa kuliner khas Palembang yang paling diburu, khususnya para wisatawan yang datang ke kota ini.

Pempek
Pempek merupakan kuliner ikon di Palembang. Tak lengkap berkunjung ke Palembang jiga tidak mencoba pempek kuliner. Salah satu yang legendaris adalah pempek kapal selam, jenis yang kerap diburu penikmat kuliner.  Pempek juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Palembang yang dibawa pulang wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

Es Kacang Merah
Palembang memiliki minuman khas yang lezat yaitu es kacang merah. Es kacang merah Palembang terbuat dari kacang merah segar yang direbus cukup lama diberi campuran kuah santan serta es serut. Kemudian diberi pemanis biasanya ditambah sirup merah atau cocopandan atau susu kental manis cokelat.

Mie Celor
Mie celor terdiri dari mie telur, tauge, dan kuah kaldu yang kental dan gurih yang terbuat dari santan. Mie celor sendiri berarti mie celup. Mie tidak dimasak seperti saat membuat mie goreng atau mie rebus. Untuk penyajian, mie cukup dicelup ke dalam air panas lalu ditiriskan. Kemudian mie yang disajikan hangat dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), ditambah taoge dan irisan telur rebus, serta ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Pindang
Pindang dibuat dengan bahan dasar ikan atau daging bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan cabe. Pindang yang populer saat ini adalah pindang Pegagan, Meranjat, Musi Rawas, Palembang dan Sekayu.

Martabak HAR
Martabak HAR sebenarnya adalah menu masakan dari rumah makan HAR. RM HAR sendiri diambil dari singkatan nama pemiliknya yaitu Haji Abdul Rojak. Haji Abdul Rozak mulai berjualan martabak sejak tahun 1947 di Palembang.

Celimpungan
Celimpungan berbentuk bulat sedangkan laksan berbentuk tipis (pipih). Kuahnya terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya. Celimpungan dan Laksan dimakan bersama sambal gorengnya.

Lenggang Panggang
Lenggang panggang merupakan variasi dari pempek tunu alias pempek panggang. Sekilas bentuknya seperti telur dadar, atau martabak. Juga bukan pempek kapal selam yang berisi telur. Ini adalah pempek yang dicampur dengan adonan telur.


Nasi Minyak
Nasi minyak adalah nasi khas Palembang disantap dengan aneka lauk pauknya seperti Malbi, Kari Kambing hingga sambal Nanas. Nasi minyak adalah nasi yang dimasak dengan minyak samin dan beberapa bumbu.

Model dan Tekwan
Model dan tekwan adalah makanan berkuah yang begitu nikmat. Campuran di dalam tekwan terdiri atas olahan ikan, jamur kuping, sohun, mentimun, dan kuah udang.

(Sumber:Simata Sumsel)