Sheikh Jassim dan skenario tigaArab Teluk menguak takdir

id Liga Inggris,Manchester United,Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani ,Arab Teluk,berita sumsel, berita palembang

Sheikh Jassim dan skenario tigaArab Teluk menguak takdir

Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani (kiri) bersama kakaknya yang juga Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, saat undian penentuan grup Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition and Convention Center pada 1 April 2022. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Jakarta (ANTARA) - Pacuan untuk menjadi pemilik baru Manchester United sepertinya sudah mendekati garis finis setelah Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani mendapatkan hak eksklusif bernegosiasi dengan pemilik United saat ini, Keluarga Glazer.

Hak eksklusif itu membuat United tak boleh lagi ditawarkan kepada pihak mana pun selain Sheikh Jassim.

Untuk itu, Sir Jim Radcliff si orang terkaya di Inggris dan menjadi kesayangan media massa Inggris dalam proses akuisisi Man United, terlempar dalam persaingan dalam mendapatkan Setan Merah.

Jalan Sheikh Jassim semakin mulus setelah Companies House menyetujui pencatatan perusahaan Sheikh Jassim, Nine Two Holdings Ltd.

Companies House adalah badan pemerintah Inggris yang berwenang mencatat perusahaan-perusahaan terdaftar di Inggris.

Nine Two Holdings Ltd adalah perusahaan yang dipakai Sheikh Jassim untuk mengakuisisi United. Melalui pencatatan itu, United akan dibeli sebuah perusahaan berbadan hukum dan berada di Inggris, sehingga tak lagi menjadi kontroversi bahwa entitas bisnis Inggris dibeli oleh asing.

Dengan demikian, United pun di ambang mendapatkan pemilik baru. Mantan bek tengah United Rio Ferdinand bahkan yakin akuisisi United oleh Sheikh Jassim sudah dalam hitungan jam.

Jika akuisisi Man United oleh Sheikh Jassim itu terwujud, maka tiga dari empat klub teratas Liga Inggris saat ini dimiliki oleh investor Arab Teluk.

Pertama, Manchester City. Sekitar 81 persen saham klub ini dimiliki Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan melalui Abu Dhabi United Group dari Uni Emirat Arab, sejak Agustus 2008.

Kedua, Newcastle United. Sejak Oktober 2021, 80 persen saham klub ini dimiliki pemerintah Arab Saudi lewat Public Investment Fund.

Ketiga, Manchester United, hanya jika Sheikh Jassim berhasil menjadi pemenang dalam kontes perburuan saham Setan Merah.

Namun jika ini terjadi, maka akan ada tiga klub Liga Premier Inggris yang dimiliki tiga negara Arab Teluk, yakni Uni Emirat Arab untuk Manchester City, Arab Saudi dalam Newcastle United, dan Qatar untuk Manchester United.