Polda Sumsel siapkan tiga aplikasi baru pelayanan lalu lintas

id Polda Sumsel, aplikasi baru, aplikasi pelayanan bidang lalu lintas, polantas, lalu lintas, polisi, polda, pengamanan, ka

Polda Sumsel siapkan tiga aplikasi baru pelayanan lalu lintas

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo. ANTARA/Yudi Abdullah/22.

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan tiga aplikasi baru di bidang lalu lintas untuk menunjang aktivitas personel Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Ketiga aplikasi baru itu yakni Smart City, Cak Pakam dan Si Manis, kesemua aplikasi ini disiapkan untuk menunjang aktivitas anggota Ditlantas Polda Sumsel dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo di Palembang, Senin.

Menurut dia, aplikasi tersebut masih dalam uji coba internal dan jika berfungsi dengan baik dalam waktu dekat segera diluncurkan.

Jika aplikasi tersebut telah diluncurkan, setiap pengendara sepeda motor dan mobil wajib memiliki aplikasi tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam berlalu lintas dan mendapat bantuan petugas di jalan, katanya.

Sementara mengenai kesiapan pengamanan Natal dan penyambutan Tahun Baru 2023, pihaknya segera melakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait.

Menghadapi hari besar keagamaan pada penghujung tahun ini, pihaknya akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik itu aktivitas lalu lintas, pelaksanaan ibadah dan kegiatan masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan maupun masyarakat yang sedang melaksanakan liburan di tempat wisata.

Dalam kondisi masih pandemi COVID-19, personel Polda Sumsel bersama jajaran di 17 kabupaten/kota, berupaya melakukan edukasi kepada masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) ketika berada di tempat umum atau pusat keramaian, dan tempat ibadah.

Untuk pengamanan ibadah malam kudus Natal, menurutnya, personel Polda Sumsel dan jajaran akan ditempatkan di beberapa gereja yang ada di seluruh satuan wilayah guna menjamin keamanan dan kelancaran ibadah tersebut.

Sebagai bentuk operasi kepolisian terpusat dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2023 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Kegiatan operasi bersifat terbuka dalam pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum serta dilaksanakan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

"Prinsipnya saya mengingatkan kepada personel untuk selalu bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan mengedepankan sikap-sikap yang humanis sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di jajaran Polda Sumsel," ujar Kapolda Sumsel.