Akademisi: Buya Syafii harus jadi inspirasi bagi anak muda

id Ahmad Syafii Maarif,Buya Syafii,Pemikiran Buya Syafii,Maarif Institute

Akademisi: Buya Syafii harus jadi inspirasi bagi anak muda

Para narasumber dalam kegiatan Muktamar Pemikiran Ahmad Syafii Maarif: Islam, Kebinekaan, dan Keadilan Sosial, di UMS, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/11/2022). ANTARA/HO-Humas Maarif Institute

Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Dr M Amin Abdullah mengatakan sosok cendekiawan Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii harus menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di Tanah Air.

Menurut Prof Amin, sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, anak-anak muda dapat menjadikan Buya Syafii sebagai inspirasi untuk melahirkan gagasan-gagasan kebangsaan yang kritis guna mencari solusi atas berbagai tantangan yang semakin kompleks pada saat ini, seperti konservatisme dalam dunia pendidikan Islam.

“Munculnya praktik konservatisme dan intoleransi di Indonesia di antaranya karena kurangnya tradisi literasi di kalangan masyarakat Muslim Indonesia. Kedua, disebabkan oleh pemahaman akan antifilsafat, dan ketiga penggunaan serta pendekatan terhadap pemahaman teks keagamaan yang tidak kaya, sehingga mendistorsi dari makna dan substansi dari beragama itu sendiri," ujar dia.