USU naik ke posisi keenam daftar universitas terbaik di Indonesia

id berita sumut,usu nak menjadi posisi,berita medan terkini.,usu naik menjadi posisi enam daftar universitas terbaik

USU naik ke posisi keenam daftar universitas terbaik di Indonesia

Gedung Universitas Sumatera Utara Jalan Dr Mansyur Medan. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) mencatatkan prestasi pada catur wulan pertama di tahun 2022, yakni naik satu peringkat menjadi posisi keenam daftar universitas terbaik di Indonesia setelah tahun lalu berada di urutan ketujuh.

"USU naik peringkat pada Scimago Institutions Rankings (SIR) Tahun 2022," kata Rektor USU Dr Muryanto Amin, MSi, dalam keterangan tertulis, Selasa.

Muryanto menyebutkan, secara internasional USU memperbaiki peringkat dari sebelumnya pada posisi 708 menjadi 620 atau naik 88 peringkat.

Hal ini menjadi penyemangat untuk USU. USU saat ini tengah melakukan serangkaian transformasi untuk meningkatkan citra dan peringkat di dunia.

"Momentum ini harus dijaga. Hal ini menunjukkan jika transformasi yang dilakukan telah menunjukkan progres dan hasil awal yang baik," ucapnya.

Rektor menambahkan, target ke depan USU akan menghasilkan 3.000 tulisan yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Selain itu juga mendorong sivitas akademika menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan.

Sementara Ketua Wolrd Class University USU, Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT mengatakan jika USU akan terus fokus pada indikator penilaian.

Dengan memenuhi persyaratan yang ada, berharap USU dapat terus merangkak naik dalam pemeringkatan.