Kabupaten OKU sudah memvaksinasi 20,7 persen para lansia

id Vaksinasi lansia, kelompok usia lanjut, rentan tertular COVID-19, serbuan vaksin, Dinas Kesehatan OKU

Kabupaten OKU sudah memvaksinasi 20,7 persen para lansia

Masyarakat lanjut usia di Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Andi Prapto mengatakan hingga saat ini tercatat 20,7 persen masyarakat lanjut usia (Lansia) sudah divaksin COVID-19 dari target sasaran.

"Cakupan vaksinasi untuk lansia di OKU sudah mencapai 20,7 persen atau 5.443 jiwa vaksin tahap pertama dari 26.244 target sasaran ," kata Andi Prapto di Baturaja, ibu kota Kabuaten OKU, Jumat.

Sedangkan cakupan vaksinasi tahap kedua baru 14,8 persen atau 3.890 jiwa, katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya menggencarkan vaksinasi yang diprioritaskan untuk lansia karena kelompok usia ini sangat rentan tertular COVID-19.

Untuk mempercepat proses vaksinasi lansia pihaknya melibatkan para pihak seperti TNI-Polri melalui serbuan vaksin massal hingga ke pelosok desa yang menyasar pada masyarakat semua kalangan, termasuk usia rentan.

Melalui Babinsa dan Babinkamtibmas di setiap kecamatan telah melakukan upaya jemput bola pada masyarakat khususnya usia lanjut agar datang ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat untuk disuntik vaksin.

"Melalui upaya jemput bola ini diharapkan dapat mencapai target sasaran vaksinasi lansia hingga akhir Desember 2021," ujarnya.