Bitcoin naik ke tertinggi 5 bulan karena faktor musiman

id Bitcoin,uang kripto,berita Soros

Bitcoin naik ke tertinggi 5 bulan karena faktor musiman

Arsip Foto - Patung mainan kecil terlihat sebagai representasi mata uang virtual Bitcoin dipajang di depan gambar bendera China dalam foto ilustrasi, Selasa (9/4/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/aww/cfo/am.

New York (ANTARA) - Bitcoin melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan pada Rabu (6/10/2021), karena sentimen pasar terus membaik yang sebagian didorong oleh berita hedge fund yang dikendalikan oleh investor miliarder George Soros memperdagangkan Bitcoin.

Investor juga memperkirakan reli musiman dalam mata uang kripto di kuartal ini.

Uang kripto terbesar di dunia itu berdasarkan nilai pasarnya naik menjadi 55.499,96 dolar AS, tertinggi sejak pertengahan Mei. Bitcoin menembus level 50.000 dolar AS untuk pertama kalinya dalam empat minggu pada Selasa (5/10/2021) di tengah, antara lain, meningkatnya minat institusional.

Bitcoin terakhir naik 6,3 persen dan diperdagangkan pada 54.750 dolar AS.

Menurut laporan pada Rabu (6/10/2021), manajemen Soros Fund mengonfirmasi pada pertemuan puncak Bloomberg bahwa dana tersebut memperdagangkan Bitcoin. "Kami memiliki beberapa koin - tidak banyak," kata Dawn Fitzpatrick, kepala eksekutif dana tersebut.

Ada faktor musiman juga.

“Bitcoin berkinerja baik secara historis pada Oktober, yang hampir membuat kenaikan ... harga sekarang menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Saya telah mengatakan berulang kali sejak musim panas bahwa saya memperkirakan level tertinggi baru sepanjang masa pada Oktober,” kata Ruud Feltkamp, CEO bot perdagangan kripto otomatis berbasis cloud Cryptohopper.

“Jadi apa alasan kenaikan baru ini? Saya pikir itu sebagian karena siklus pasar tempat kita berada, di mana bagian emosional memainkan peran penting.”

Bank of America Corp pada Senin menerbitkan ulasan penelitian pertamanya yang berfokus pada mata uang kripto dan aset-aset digital lainnya.

U.S. Bancorp mengumumkan peluncuran layanan penyimpanan uang kripto untuk manajer investasi institusional yang memiliki dana pribadi di Amerika Serikat dan Kepulauan Cayman.

Koin yang lebih kecil, yang biasanya bergerak sejalan dengan Bitcoin, juga naik. Ether menguat 2,2 persen menjadi 3.594 dolar AS dan XRP naik tipis 0,2 persen pada 1,0865 dolar AS.

Ben McMillan, kepala investasi di IDX Digital Assets, strategi indeks kripto berbasis faktor, mencatat bahwa berdasarkan analisis data on-chain, ia melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah alamat Bitcoin baru, setelah penurunan besar-besaran di paruh pertama tahun ini, serta peningkatan jumlah Bitcoin yang keluar dari bursa.

Kedua faktor - alamat baru dan bitcoin yang menjauh dari bursa - adalah "indikasi bullish secara struktural."

McMillan mengatakan sementara kasus bullish struktural untuk Bitcoin kuat, "masih ada risiko penurunan signifikan dalam waktu dekat."