Dinas Pariwisata OKU pulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif

id Pemulihan pariwisata, ekonomi kreatif, perbaikan fasilitas, wahana baru, Goa Putri, Dinas Pariwisata OKU

Dinas Pariwisata OKU pulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif

Ilustrasi-Objek Wisata Goa Putri (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berupaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif setelah sempat terpuruk dampak pandemi COVID-19.

"Seperti kita ketahui dunia pariwisata di OKU sempat terpuruk dan terpaksa ditutup akibat pandemi COVID-19," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ogan Komering Ulu (OKU) Topan Indra Fauzi di Baturaja, Rabu.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya menggandeng sejumlah instansi terkait untuk memulihkan sektor pariwisata termasuk ekonomi kreatif agar kembali bergeliat.

Dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif perlu adanya peningkatan fasilitas di beberapa objek wisata agar wisatawan merasa nyaman, aman sehingga kembali berkunjung ke Kabupaten OKU.

Seperti sarana kebersihan, toilet, tempat cuci tangan, kantin dan tempat ibadah akan dilakukan perbaikan sesuai standar pemerintah.

"Bahkan, kami sudah menambah wahana permainan anak di objek wisata Goa Putri agar minat wisatawan semakin tinggi untuk berkunjung ke objek wisata di Kecamatan Semidang Aji tersebut," kata dia.

Sedangkan, untuk menghidupkan kembali Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di bidang pariwisata pihaknya telah menyiapkan produk souvernir khas daerah termasuk tempat-tempat kuliner dengan konsep yang menarik agar dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Kabupaten OKU.

"Yang tidak kalah penting saat ini kami selalu mengingatkan pengelola objek wisata dan wisatawan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan demi terciptanya pariwisata yang aman dan nyaman," ujarnya.