Diskominfo OKU pasang CCTV di tujuh titik Kota Baturaja

id Kamera pengawas, CCTV, tujuh titik, Kota Baturaja, Diskominfo OKU

Diskominfo OKU pasang CCTV di tujuh titik Kota Baturaja

Ilustrasi CCTV (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sudah memasang kamera pemantau (CCTV) di tujuh titik kawasan Kota Baturaja sejak tahun 2018 guna memantau aktifitas masyarakat dan kendaraan di jalan raya.

"Ada tujuh titik CCTV yang kami pasang sejak 2018 guna memantau aktifitas masyarakat di kota ini," kata Kepala Diskominfo Ogan Komering Ulu (OKU) Priyatno Darmadi didampingi Kasi Infrastruktur, Ogusta Akbar di Baturaja, Jumat.

Pemasangan kamera  ini di sudut Kota Baturaja meliputi simpang empat Air Paoh, Sukajadi, pertigaan Ramayana, persimpangan Kantor Kementerian Agama, Unbara, Koramil atau simpang Satlantas Pasar Baru dan Jalan Akmal lantai 2 Pasar Inpres Baturaja.

Dia menjelaskan, CCTV ini dapat dipantau atau dimonitor dari Kantor Diskominfo OKU dan akan terkoneksi langsung ke Dinas Perhubungan sehingga pihak terkait tersebut dapat memantau kondisi jalanan.

Pemasangan kamera ini merupakan salah upaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sekaligus guna mendukung terwujudnya program smart city di Kabupaten OKU.

Kamera pengintai atau pengawas yang dipasang ini memiliki kualitas terbaik yakni High Definition (HD) dengan daya jelajah 180- 360 derajat.

CCTV ini dapat menghasilkan gambar yang berkualitas sehingga semua aktifitas di sekitar titik pemasangan bisa terpantau dengan jelas.

"Sayangnya sejak pemasangan pada 2018 hingga saat ini belum ada penambahan CCTV karena terkendala anggaran. Ini saja sudah ada satu titik yang rusak di Simpang 4 Sukajadi belum diperbaiki," ujarnya.