BPPW Sumsel tata kawasan kumuh di Kelurahan 29 Ilir Palembang

id bppw sumsel,kawasan kumuh palembang,kawasan kumuh 29 ilir,kawasan kumuh lubuklinggau,program kotaku,kawasan kumuh sumsel,berita sumsel, berita palemba

BPPW Sumsel tata kawasan kumuh  di Kelurahan 29 Ilir Palembang

Kepala BPPW Sumsel Achmad Irwan Kusuma, Jumat (11/6) (ANTARA/Aziz Munajar/21)

Palembang (ANTARA) - Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Selatan segera mengerjakan proyek penataan wilayah kumuh berbasis skala kawasan di Kelurahan 29 Ilir Kota Palembang untuk meningkatkan kualitas permukiman dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala BPPW Sumsel Achmad Irwan Kusuma di Palembang, Jumat, mengatakan proyek pekerjaan konstruksi tersebut menargetkan pengurangan kawasan kumuh seluas 17,5 hektar dengan pagu anggaran senilai Rp13 miliar.

"Kegiatan ini dikerjakan multiyears 2021-2022," ujarnya.

Baca juga: PKB Sumsel minta kawasan Cinde Palembang ditata agar tidak kumuh

Baca juga: Pemkot Palembang lanjutkan program bedah rumah warga miskin


Kelurahan 29 Ilir Kota Palembang menjadi target pengurangan kawasan umuh karena berada di kawasan strategis kota yang memiliki luasan kumuh besar dan memiliki kejelasan status lahan.

Kegiatan yang dikerjakan dalam peningkatan wilayah kumuh tersebut berupa peningkatan akses jaringan sanitasi, jaringan persampahan, jaringan air minum, drainase, akses jalan pemadam kebakaran, jalan lingkungan dan menambah ruang terbuka hijau.

Baca juga: Pemkot Palembang target kurangi kawasan kumuh 20 persen

Baca juga: Pemerintah Kota Palembang target kurangi kawasan kumuh


Menurut Irwan, pihaknya juga saat ini sedang mengerjakan proyek pengentasan kawasan kumuh di kawasan 5 Lebak Cinde Kota Palembang seluas 18,4 hektar berbiaya Rp8 miliar dan kawasan I Kota Lubuklinggau seluas 15,19 hektar dengan anggaran Rp9,4 miliar.

"Dua proyek ini ditargetkan selesai akhir 2021," kata dia menambahkan.

Irwan mengatakan ketiga kawasan itu termasuk 167,7 hektare luas kawasan kumuh yang harus dikurangi BPPW Sumsel sesuai rencana strategis (renstra) tahun 2020-2024.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar