15 unit rumah nelayan pantai timur Nipah Panjang Jambi terbakar

id Kebakaran,rumah nelayan nipah panjang,nelayan pantai timur jambi,rumah nelayan terbakar

Kebakaran besar terjadi di Kelurahan Nipah Panjang I, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi sebanyak 15 rumah nelayan yang berada dipinggir muara habis terbakar dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. (ANTARA/HO)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 15 rumah nelayan yang berada di di pinggi muara di Kelurahan Nipah Panjang I, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi, habis terbakar, namun, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kebakaran tersebut terjadi, Selasa sekitar pukul 09.30 WIB dan beberapa menit kemudian baru bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Sampai saat ini penyebab dari kebakaran itu belum diketahui, namun saksi mata melihat sumber api berasal dari sebuah gudang penampungan ikan milik warga hingga api yang tidak bisa dijinakkan itu menjalar ke rumah warga nelayan lainnya.

Pandi (39) warga Nipah Panjang saat dikonfirmasi mengatakan kebakaran itu awalnya kecil dari gudang ikan, namun karena angin laut yang bertiup kencang, sehingga membuat api membesar dan saat api membesar dan terus membakar rumah nelayan.



Warga sempat membantu memadamkan api namun karena air sungai surut sehingga kesulitan turun ke sungai untuk mengambil air.

"Kebakarannya tepat di atas sungai, namun karena air sungai surut warga kesulitan memadamkan api," ujarnya.

Saat api semakin membesar warga hanya bisa pasrah karena mulai menjalar ke rumah warga lainnya dan wargapun terpaksa mengangkat barang berharga dari dalam rumah agar tidak menghanguskan seisi rumah.

"Saat api mulai tampak menjalar dari satu rumah ke rumah warga lainnya, warga sebagian mengangkat barang dari dalam rumah dan sebagian menyiram api sebelum pihak pemadam kebakaran datang ke lokasi," kata Pandi.



Selain itu ada sebanyak empat rumah milik warga lainnya terpaksa dirobohkan untuk menghindari api menjalar ke rumah lainnya. Mayoritas rumah warga di Nipah Panjang yang terbakar merupakan rumah panggung semi permanen dan rumah-rumah tersebut berada di pinggir muara.

Saat kejadian kobaran api tiba-tiba sempat membumbung tinggi sehingga membuat panik ratusan warga yang bermukim di sekitar lokasi dan kemudian datang petugas memadam kebakaran ke lokasi untuk memadamkan api tersebut.

Petugas pemadam kebakaran dari tingkat Kecamatan dibantu anggota Polri dan anggota Koramil Nipah Panjang serta masyarakat sekitar berjibaku memadamkan api dan api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.45 WIB.

Dari peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar