PHRI dorong pemkab di Sumsel kembangkan wisata unggulan

id Phri sumsel, wisata unggulan, penataan objek wisata uggulan,wisata danau ranau

PHRI dorong pemkab di Sumsel kembangkan wisata unggulan

Wisata Kampung Belimbing di Kabupaten Musi Rawas. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan terus mendorong 17 pemerintah kabupaten dan kota di provinsi setempat mengembangkan potensi wisata unggulan daerah.

"Setiap daerah memiliki wisata unggulan, potensi tersebut didorong untuk benar-benar dikelola secara baik dengan melakukan penataan dan penyediaan fasilitas pendukung yang memadai," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin, di Palembang, Minggu.

Masing-masing daerah mempunyai potensi wisata unggulan baik wisata alam, budaya, sejarah maupun kuliner yang bisa menjadi daya tarik untuk dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Daerah yang memiliki keunggulan wisata alam harus serius menatanya dan membangun fasilitas pendukung seperti jalan, tempat bersantai dan menginap.

Begitu juga yang memiliki keunggulan wisata budaya, pemdanya harus mengemas potensi tersebut secara baik sehingga dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Sebagai gambaran Pemerintah Kota Palembang saat ini terus berupaya memanfaatkan Sungai Musi yang mengalir di daerah tersebut menjadi tempat wisata menarik.

Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan jumlah kunjungan wisatawan terutama wisatawan asing ke daerah ini sekitar 40.000 orang per tahun dapat meningkat dan mendorong bisnis sektor pariwisata berkembang lebih baik, ujar Herlan.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Aufa Syarkomi mengatakan pihaknya berupaya mendata potensi wisata yang ada di setiap kabupaten dan kota untuk dikembangkan secara maksimal.

Setiap daerah memiliki beberapa objek wisata menarik, satu atau dua potensi itu akan didorong menjadi objek yang bisa dijadikan daerah tujuan wisata unggulan dengan sarana prasarana pendukung yang lengkap dan memadai, kata Aufa.