Fasilitas manasik di Asrama Haji Palembang dioptimalkan

id haji,manasik haji,asarama haji palembang,reflika kabah,jemaah calon haji

Kawasan embarkasi haji terpadu Provinsi Sumatera Selatan dilengkapi dengan replika Kabah dan lintasan Sai yang dibuat hampir menyerupai aslinya untuk memudahkan jemaah calon haji sekaligus sebagai destinasi wisata religi di Sumsel. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (ANTARA) - Pemanfaatan fasilitas manasik di Asrama Haji Palembang akan dioptimalkan supaya jamaah calon haji semakin sempurna dalam menunaikan rukun Islam kelima itu pada masa mendatang.

"Hal ini karena di Asrama Haji Palembang sudah dilengkapi dengan fasilitas manasik bahkan yang terbaik," kata Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin Latief di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan di Asrama Haji Palembang sekarang ini terdapat lintasan Sai, replika Kakbah dengan ukuran sebenarnya.

Selain itu, di asrama haji yang juga sebagai Embarkasi Palembang tersebut terdapat tempat melempar jumrah dan maket pesawat

Nantinya, kata dia, fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan jamaah calon haji yang akan menunaikan rukun Islam kelima di Arab Saudi.

"Yang jelas fasilitas manasik sudah lengkap tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dalam bimbingan haji," ujar dia.

Dia mengatakan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada tersebut, maka jamaah calon haji akan semakin memahami rukun dan wajib haji.

Bahkan, lanjut dia, kemungkinan masih ada jamaah yang belum mengerti, seperti naik pesawat, hingga hal itu dapat dimanfaatkan karena contohnya sudah tersedia.

Oleh karena itu, kata dia, fasilitas manasik akan dimanfaatkan secara optimal sehingga jamaah calon haji betul-betul memahami tata cara menunaikan rukun Islam kelima itu.

Sumsel dalam pemberangkatan haji tahun ini mendapat jatah 6.988 orang ditambah petugas haji.

Selain itu, pemberangkatan jamaah calon haji dari Provinsi Bangka Belitung akan digabung ke Palembang karena Sumsel sudah menjadi embarkasi.
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar