Gubernur bangga hasil karya seni siswa Palembang

id Hermanderu,Herman Deru,Gubernur Sumatera Selatan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur bangga hasil karya seni siswa Palembang

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. (Dok.Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru merasa bangga hasil karya seni para siswa karena sekarang ini telah dapat menciptakan kerajinan khas daerah.

Gubernur sangat mengapresiasi dan bangga atas hasil karya kreasi para siswa SMKN 7 Palembang yang telah berhasil memproduksi pakaian khas Sumsel yaitu Jumputan, katanya melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel, Akhmad Najib di Palembang, Jumat.

Bukan itu saja tetapi juga kreasi seni lukis yang telah dipertunjukkan para siswa hasilnya sangat mengagumkan.

Ini menunjukkan generasi millenial yang cinta akan karya budaya leluhurnya, secara khusus kepada para siswa SMKN 7 Palembang telah berkarya dan terus menghargai dan mencintai budaya kearifan lokal.

"Keberhasilan para siswa adalah tergantung pada jasa para guru untuk menghasilkan para anak didiknya berbudi pekerti", ujar dia.

Sejatinya seorang siswa merupakan hasil karya maupun didikan para guru menjadikan para murid menjadi bermoral beretika baik serta menciptakan generasi penerus berbudaya mencintai karya leluhurnya serta mampu menjaga NKRI.

Menurut dia, di negara maju program pendidikan sekolah di laksanakan secara teori 40 persen sedangkan selebihnya adalah praktek60 persen.

Pemerintah Pusat telah memprogramkan para seniman atau maestro dapat datang ke sekolah-sekolah seni secara langsung. Dengan tujuan agar para siswa dapat menambah wawasan yang lebih luas melalui ilmu dan praktik langsung dari ahlinya.

"Seni budaya akan menjadikan Sumsel memiliki hasil karya yang menunjukan pribadi masyarakat Sumsel yang rukun dan damai," tambahnya.

Dalam acara tersebut, SMKN 7 Palembang juga mempersembahkan karya seni lukis potret Gubernur Sumsel, Herman Deru. Karya ini diserahkan kepada Asisten I Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib.

Kepala Sekolah SMKN 7 Palembang, H. Suparman, mengatakan kegiatan ini akan meningkatkan animo dan minat dari siswa sekolah dasar di bidang seni yang saat ini cenderung menurun.

"SMKN 7 Palembang adalah satu-satunya sekolah seni yang ada di Sumsel dan kita ingin mengangkat seni yang ada di daerah, sebab itu saya berharap agar dapat melakukan audiensi dengan Pemprov Sumsel untuk membicarakan tentang Seni," ujarnya.

Selain itu pihaknya berkeinginan agar anak-anak berbakat seni di 17 kabupaten dan kota se-Sumsel dapat bersekolah di SMKN 7 dan tinggal di asrama, tambah dia.

Sebagaimana SMKN 7 Palembang melaksanakan Expo Seni yang menampilkan produk hasil karya para siswa.