Sematang Borang unggulkan 'gesit semabor dan ketok lansia'

id Sematang borang,Kesehatan,Camat sematang borang

Camat Sematang Borang di Palembang, M. Irman (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kecamatan Sematang Borang Kota Palembang meunggulkan beberapa program dalam tim penilaian keberhasilan camat, salah satunya Gerakan Lansia Sehat, Senang Konsumsi Makanan Bergisi, Kontrol Kesehatan dan Rutin Berolahraga atau yang disingkat gesit semabor dan ketok lansia.

"Selain mengedepankan pelayanan, kita juga aktif menggalakkan gerakan lansia sehat khusus untuk masyarakat Sematang Borang usia lanjut," ujar Camat Sematang Borang, M Irman, Kamis.

Dia menerangkan gesit semabor merupakan program sinergitas Puskesmas Semabor terhadap lansia yang ada di kawasan ini.

Polanya, petugas kecamatan dan tenaga kesehatan aktif memberikan edukasi tentang manfaat konsumsi makanan minuman bergizi, termasuk menghimbau para masyarakat berusia lanjut untuk cek kesehetan secara rutin di Posyandu dan Puskesmas.

"Kami terus memberikan edukasi melalui program ini dan juga mengajak masyarakat untuk rajin berolah raga seperti setiap selasa pagi yang rutin diadakan di Kelurahan Lebong Gajah," katanya.

Tidak hanya menunggu, bagi lansia yang tidak mampu lagi untuk datang ke Posyandu dan Puskesmas, maka kader kesehatan mendatangi langsung ke rumah-rumah lansia, untuk cek kesehatan gratis.

Dengan begitu, program ini yang sudah berjalan 6 bulan di terus aktif dan kader posyandu konsisten untuk menjalanlan program ini serta mendapat respon positif dari masyarakat.

"Kami ingin lansia dan masyarakat Sematang Borang terus sehat melalui beberapa program kesehatan yang dicanangkan," jelasnya.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar