Dolar tinggi, harga laptop merangkak naik

id laptop,pc,komputer,harga laptop naik,MDP,zoom komputer,info sumsel,bisnis

Dolar tinggi, harga laptop merangkak naik

Konsumen tetap berbelanja laptop ditengah kenaikan harga di salah satu toko Komputer di Palembang, Senin (24/9). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin M)

....Kenaikan harga dikarenakan hampir keseluruhan sparepart dan komponen laptop didatangkan langsung dari luar negeri....
Palembang (ANTARA News Sumsel) – Harga laptop di Palembang semakin merangkak naik, bahkan sebelum prediksi awal bahwa kenaikan laptop akan dimulai pada Oktober 2018 mendatang.
 
“Dari penghujung September ini kenaikan harga laptop sudah dirasakan setiap harinya,” kata Store Manager Z-Tech komputer Edward Leo di Palembang, Senin.
 
Ia mengatakan kenaikan mencapai angka sepuluh persen dengan nominal lonjakan harga sebesar Rp100 ribu ke atas.
 
“Produk yang mengalami kenaikan harga hingga saat ini yakni Asus, Lenovo dan Acer,” ujarnya.
 
Zoom Computer Palembang juga turut mengalami kenaikan harga laptop yang cukup signifikan sebesar sepuluh persen untuk semua brand.
 
“Kenaikan laptop di Zoom Computer mencapai Rp300-400 ribuan per unit,” kata Owner Zoom Computer Kemas Ramadhan.
 
Ia mengatakan kenaikan lebih terasa pada unit laptop terbaru, dengan kenaikan secara bertahap pada semua brand laptop.
 
“Kami tetap mengikuti alur, walaupun harga naik penjualan laptop di Zoom Computer tetap stabil didukung dengan kebutuhan laptop masyarakat yang semakin meningkat,”jelasnya.
 
Ia mengatakan kurs dolar tidak menjadi pengaruh utama dalam kenaikan harga,  melainkan karena ada pajak tambahan untuk barang impor.
 
MDP IT Superstore Palembang turut mengalami kenaikan harga khusus pada produk laptop terbaru.
 
“Kenaikan harga dikarenakan hampir keseluruhan sparepart dan komponen laptop didatangkan langsung dari luar negeri,” kata Manager Operational MDP IT Superstore Enny Yuhana.

Ia menambahkan walaupun harga laptop mengalami kenaikan, pihaknya tetap terbantu dengan adanya ketentuan dari beberapa sekolah yang mewajibkan murid untuk menggunakan laptop sebagai salah satu media belajar.

“Kami tetap optimis target penjualan laptop sampai akhir tahun 2018 tetap stabil bahkan meningkat,” tutupnya.