Ibu hamil wajib konsumsi suplemen, ungkap Donita

id donita,berita sumsel,berita palembang,ibu hamil,ibu menyusui,berita antara,kesehatan bayi,dr Bram Pradipta SpOG

Ibu hamil wajib konsumsi suplemen, ungkap Donita

Artis Donita. (ANTARA)

Bandung (ANTARA News Sumsel) - Artis sekaligus presenter Donita mengatakan para ibu hamil dan menyusui wajib mengkonsumsi suplemen agar asupan nutrisi dan menyusui bisa tetap terjaga.

"Untuk para bunda di luar sana, kalau sedang hamil atau menyusui kadang kita berpikir harus memberikan yang terbaik bagi buah hati tapi kita malah lupa atau tidak memikirkan diri sendir," kata Donita di sela-sela Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Dia mengatakan, ibu hamil dan menuyusui tetap butuh vitamin, mineral, DHA dan lain-lain. "Kalau kitanya sehat maka akan berdampak positif juga bagi tumbuh kembang si buah hati," katanya.

Ibu dua anak ini menuturkan sejak kehamilan anak pertama dan keduanya ia tak pernah lupa mengonsumsi Blackmores Pregnancy dan Breast-Feeding Gold karena masa kehamilan dan menyusui dipastikan akan banyak menimbulkan perubahan secara fisik dan hormonal.

"Karena itu, saya sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, saya juga mengkonsumsi suplemen kesehatan untuk tetap menjaga nutrisi yang pas untuk kesehatan saya dan perkembangan buah hati," kata dia.

Sementara itu, Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan dari klikdokter.com dr Bram Pradipta SpOG mengatakan, selama ini pemahaman mayoritas ibu hamil dan menyusui terhadap nutrisi.

"Ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat dari kurang atau kelebihan asupan nutrisi saat hamil dan menyusui. Dan sesuai dengan Kampanye Bunda PAS maka nutrisi harus cukup, tidak kurang tidak juga lebih," kata dia.

Bram mencontohkan jika seorang ibu terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji ketika sedang hamil maka risiko terkena kolestrol dan diabetes untuk bayinya sangat besar.

"Kemudian kalau ibu hamil kekurangan zinc dan magnesium dapat menyebabkan kelahiran prematur, kemudian kekurangan A maka si bayi bisa terkena rabun," kata dia.

Sementara itu, Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition Dian menambahkan, pihaknya ingin senantiasa memberikan edukasi berupa Kampanye Bunda PAS untuk para ibu hamil dan menyusui di Indonesia, terutama di Kota Bandung. "Untuk menjaga atau memenuhi asupan nutrisi penting, para bunda bisa mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feedin Gold," kata Dian.

Dia menuturkan produk tersebut memiliki empat keunggulan yakni pertama, kandungan nutrisi esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO. Selain itu, produk tersebut juga memiliki kandungan odourless fish oil dari sumber alami Omega 3 dan ketiga, dosis tertinggi sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA.

"Kemudian dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah dan ini tidak berbau sehingga ibu hamil yang mengkonsumsi bisa terhindar dari rasa mual," kata dia.