Dinas PPKB Palembang kembangkan kampung KB

id Dewi Isnaini ,Harobin Mastofa,berita sumsel,berita palembang,berita antara,kampung kb,berita kb

Dinas PPKB Palembang kembangkan kampung KB

Dokumentasi- Wali Kota Harnojoyo canangkan kampung KB tiap kecamatan (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar)

Palembamg (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Palembang, Sumatera Selatan, berupaya mengembangkan Kampung Keluarga Berencana.

"Saat ini baru ada beberapa Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) di sejumlah kecamatan, ke depan diupayakan ada di 18 kecamatan," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Dewi Isnaini di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pengembangan Kampung KB sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat secara luas.

Untuk melakukan pengembangan itu, pihaknya berupaya bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya sehingga bisa lebih cepat karena jika mengandalkan Dinas PPKB sendiri membutuhkan waktu lama karena terbatasnya angggaran.

Dengan bersinergi, berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain jumlah Kampung KB diharapkan dalam waktu dekat bisa dilipatgandakan atau berkembang sesuai dengan target yang diharapkan.

Sinergi antar OPD di Bumi Sriwijaya ini, tidak hanya dalam melakukan pengembangan jumlah Kampung KB tetapi juga dalam mengisi berbagai kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu, kata Dewi.

Sementara Sekda Palembang Harobin Mastofa menambahkan, pihaknya optimistis bisa melakukan pengembangan Kampung KB sesuai dengan target yang diharapkan.

Untuk mengembangkan program tersebut, dilakukan secara bertahap dengan penentuan lokasi di kelurahan dan kecamatan yang populasinya dianggap sudah padat sehingga pembangunan berwawasan kependudukan dapat dilaksanakan bersama warga setempat, ujar Sekda.