Pariwisata Kota Palembang tergerus kenaikkan tiket pesawat

id tiket mahal,tarif tiket pesawat,tari mahal pariwisata lesu,tsunami pariwisata,pariwisata palembang,kot palembang,isnaini

Pariwisata Kota Palembang tergerus kenaikkan tiket pesawat

Kadis Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

....Kami berharap seluruh sektor bersinergi menghadapi kondisi ini, Kementerian Pariwisata juga sedang berupaya keras mencari solusi....
Palembang (ANTARA) - Sektor pariwisata Kota Palembang saat ini mengalami kelesuan akibat tergerus kenaikkan tarif tiket pesawat, yang secara tidak langsung mengancam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani,  di Palembang, Kamis, mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling diandalkan dapat menyumbang devisa bagi Kota Palembang.

"Dengan banyaknya wisatawan berkunjung maka ikut menaikan pendapatan hotel, kuliner, destinasi wisata, dan pernak-pernik, dampak ekonominya menyebar dari usaha kecil sampai ke bisnis besar, tapi dinamika saat ini cukup memprihatinkan," ujar Isnaini.

Menurut dia, pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak menghadapi gejolak harga tiket yang sejak awal 2019 mulai menurunkan jumlah penumpang domestik maupun mancanegara.

Padahal sektor pariwisata sempat diprediksi melaju cepat pasca Asian Games 2018 dengan munculnya hotel-hotel baru dan destinasi wisata baru di Kota Palembang seperti Kampung Almunawar, Pasar Baba Boen Tjit, Kampung Tuan Kentang, Sekanak Bersolek dan yang paling ditonjolkan yakni Komplek Olahraga Jakabaring.

Ia menyebut kondisi saat ini seperti tsunami pariwisata jika melihat tingginya angka pembatalan pesawat yang membawa wisatawan, sehingga ada puluhan miliar rupiah devisa gagal masuk ke Kota Palembang.

"Kami berharap seluruh sektor bersinergi menghadapi kondisi ini, Kementerian Pariwisata juga sedang berupaya keras mencari solusi," jelas Isnaini.

Sementara Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Fahroji, mengakui pergerakan pesawat dan penumpang domestik maupun internasional memang mengalami penurunan rata-rata 25 persen selama periode Januari - April 2019.

"Jika dilihat-lihat penumpang akhir-akhir ini turun akibat kenaikan tiket pesawat, salah satu dampaknya memang ke sektor pariwisata, kami juga tidak bisa berbuat banyak karena harga tiket itu kewenangan maskapai," pungkas Fahroji.

Berdasarkan data pihaknya selama periode Januari - April 2019, pergerakan penumpang di Bandara SMB II totalnya 1.274.888 orang, jumlah tersebut turun jika dibandingkan periode yang sama pada 2018, yakni 1.666.675 orang, artinya terdapat penurunan 391.787 penumpang.

Sedangkan pergerakan pesawat selama periode Januari - April 2019 jumlahnya sebanyak 11.703 dari 15.616 jadwal yang sudah ditetapkan, setidaknya 1.000 penerbangan dibatalkan setiap bulan.