Ketua Bappenas: Korupsi mendesak diberantas

id ketua bappenas, ketua bappenas armida s alisjahbana

Ketua Bappenas: Korupsi mendesak diberantas

Ilustrasi - Korupsi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan, pemberantasan korupsi menjadi persoalan mendesak yang harus diatasi terutama di bidang penegak hukum.

Pasalnya, karena korupsi merupakan faktor utama penghambat pembangunan. Karena itu harus diberantas, kata menteri dalam acara penjaringan aspirasi masyarakat sebagai masukan teknokratik rencana pembangunan jangka menengah nasional di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu korupsi juga merugikan keuangan negara. Dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional pemberatasan korupsi itu masih manjadi perhatian utama pihaknya.

Namun, ujar dia, dalam menyusun pemberantasan korupsi itu pihaknya perlu masukan dari berbagai daerah di Indonesia termasuk perguruan tinggi.

Dengan adanya aspirasi masyarakat maka pemberantasan korupsi itu akan lebih efektif. Oleh karena itu pihaknya mencari masukan ke daerah termasuk di Sumsel melalui penjaringan aspirasi masyarakat sebagai masukan rancangan teknokratik rencana pembangunan jangka menengah nasional.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Eddy Ganefo mengatakan, sekarang ini terjadi korupsi terselubung. Seperti untuk mendapatkan proyek masih ada pemainan, kata dia pada acara tanya jawab dalam pertemuan tersebut.