Jurnalis lingkungan luncurkan sindikasi berita

id The Society of Indonesian Environmental Journalists/SIEJ, situs berita lingkungan pertama di Indonesia, www.ekuatorial.com

(ANTARA Sumsel) - Jurnalis Lingkungan yang tergabung dalam "The Society of Indonesian Environmental Journalists/SIEJ" meluncurkan sindikasi situs berita lingkungan pertama di Indonesia.

Situs "www.ekuatorial.com", menurut Direktur  SIEJ IGG Maha Adi dalam penjelasan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Senin, merupakan situs berita berbasis geografi.

"Sejauh ini kami sudah bisa menyajikan peta batimetri, peta dasar laut Indonesia, kebakaran hutan, peta moratorium, banjir Jakarta, kawasan konservasi laut, peta tinggi pohon atau hutan, dan peta lain yang dberikan secara gratis oleh NASA, NOAA, USGS, WRI, FWI, Google Earth, dan lainnya," kata dia lagi.

Adi menambahkan, pihaknya juga mempunyai peta alur lalu-lintas kapal laut bertonase besar di seluruh perairan Indonesia yang aktual dan diperbaharui setiap 15 menit.

"Tapi kami masih terus mencari peta konsesi tambang migas dan mineral, kawasan hutan masyarakat adat, dan lain-lainnya.  Peta-peta tersebut dapat di-`customized`, di-`overlay` oleh para jurnalis, sehingga menjadi unik dan disesuaikan dengan tiap berita," ujar Adi lagi.

Situs berita sindikasi tersebut beranggota situs-situs berita lain di seluruh Indonesia yang akan terus ditambahkan.

"Selamat datang dan selamat `bermain-main` dengan peta-peta yang ada, semoga rekan-rekan jurnalis dapat membantu meningkatkan mutu jurnalis lingkungan di Indonesia," demikian IGG Maha Adi.