Ratusan siswa MIN disuntik vaksin BIAS

id vaksin, ratusan anak disuntik vaksin

Ratusan siswa MIN disuntik vaksin BIAS

Ratusan anak SD di Kota Palembang, Selasa disuntik vaksin dalam rangka BIAS (Foto Antarasumsel.com/13/Feni Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 560 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang mendapat giliran suntikan vaksin dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau BIAS di kota tersebut, selasa.

Suntikan yang diberikan itu berupa vaksin difteri dan vaksi tetanus pada masing- masing siswa mulai kelas satu hingga kelas tiga.

Vaksin difteri merupakan vaksin yang berfungsi sebagai anti difteria yaitu penyakir menular dengan gejala demam, menggigil, mual, sakit kepala, hidung berlendir, dan bengkak pada leher.

Sementara vaksin tetanus berfungsi melindungi dari penyakit tetanus berupa penyakit kejang otot, gangguan syaraf dan banyak terdapat di kotoran, debu jalan, usus, dan tinja hewan.

Beberapa siswa yang mengantri diberi vaksin nampak ketakutan menghadapi jarum suntik. Beberapa dari mereka ragu-ragu dan menangis saat jarum menembus kulit

Ketua tim BIAS Puskesmas Siring Agung dr Marhayani Marewangan menjelaskan para siswa ini terlebih dahulu diberi penjelasan sebelum digilir untuk disuntik.

"Anak-anak menyimak penjelasan sebelum kita lakukan tindakan," kata dokter yang berasal dari Maluku ini.

Mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 dokter bersama tim Puskesmas melakukan penyuntikan pada seluruh  siswa kelas 1 hingga kelas 3.

Kepala Sekolah MIN 1 Palembang Budiman turut menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah mendapat ijin dari wali masing-masing murid.

"Kami beritahukan, bila wali tidak mengijinkan maka anaknya tidak mendapat suntik vaksin," katanya.